Rahasia Elektronik MotoGP

Rahasia Elektronik MotoGP

Motor, Seputar Otomotif , 0 Comments

MotoGP (Motorcycle Grand Prix) mungkin adalah kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia. MotoGP, demikian sebutannya, diikuti dengan ketat oleh World Superbike Championship, sepupu dekat yang mengendarai sepeda motor dan telah menarik beberapa nama besar dalam balap motor. Kedua kejuaraan tersebut menggunakan motor Ducati, dan keduanya memiliki rahasia sistem elektronik yang berbeda di MotoGP Motorbikes.

Sistem Teknologi Yang Canggih

Karena peraturan teknis untuk sepeda motor yang digunakan dalam balap, MotoGP menggunakan sistem elektronik yang sangat rumit dan sangat canggih untuk mengontrol setiap sepeda. Ini membutuhkan keahlian dan pengalaman hebat dari para insinyur yang bekerja pada sistem. Salah satu rahasia terpenting sistem elektronik di MotoGP Motorbikes adalah bagaimana elektronik dibuat.
Saat membangun sistem elektronik di MotoGP Motorbikes, bagian yang paling sulit dari sistem adalah perangkat dan sirkuit yang digunakan untuk mengubah sinyal yang datang dari motor untuk membuatnya bergerak. Ini disebut “unit kontrol motor.” Untuk sepenuhnya memahami pekerjaan unit-unit ini, kita harus kembali ke sepeda motor. Sepeda motor menggunakan beberapa sistem kontrol untuk memberi pengendara kekuatan untuk bergerak.

Spesifikasi Motor GP

Throttle digunakan untuk meningkatkan kekuatan motor. Rem digunakan untuk mengurangi kekuatan motor ketika throttle dilepaskan. Peredam kejut dan perangkat lain membantu mengurangi kekuatan sepeda saat rem diterapkan. Untuk memberikan kekuatan lengkap dan total kepada pengendara, sistem ini digunakan. Mereka digunakan untuk menyeimbangkan kekuatan yang dibutuhkan untuk naik sepeda dengan kebutuhan untuk membuat sepeda dapat diprediksi. Di MotoGP dan World Superbikes, sistem ini ditempatkan di lokasi yang berbeda, tetapi dalam satu unit semua digunakan untuk tujuan yang sama.
Unit kontrol ini kemudian dihubungkan ke garpu depan dan guncangan belakang. Sistem biasanya disebut VU (unit kendaraan) atau DU (unit perangkat). Karena sinyal yang berasal dari sepeda motor sangat rumit, sinyal untuk sistem digabungkan oleh serangkaian transistor.
Alat pengolah sinyal digunakan untuk menganalisis sinyal yang berasal dari sepeda. Sinyal digabungkan dan kemudian dikirim ke komputer. Komputer mengambil data dan mengirimkannya ke unit pemrosesan internal, yang kemudian mengubah sinyal menjadi instruksi ke sepeda.
Komputer kemudian diberi lebih banyak sinyal dan kemudian ditafsirkan menjadi lebih banyak perintah. Ini adalah tugas yang sangat kompleks. Karena itu, ada beberapa bentuk pemrosesan sinyal.

Pembalap Nyaman Berkendara

Sinyal dapat dikirim ke unit dengan sinyal digital frekuensi tinggi, frekuensi tinggi, atau sinyal analog frekuensi rendah level rendah. Sinyal analog ditransfer melalui serangkaian rangkaian switching yang berjalan paralel dengan garis sinyal. Ini adalah unit di sepeda motor yang benar-benar memproses sinyal.
Sinyal analog dikirim melalui level rendah, sinyal digital frekuensi rendah, dan kemudian melalui rangkaian switching yang lain. Pada titik ini, sinyal dicampur dan dikirim ke unit pemrosesan internal, yang kemudian memprosesnya dan memberikan instruksi kepada mesin. Mesin mengendalikan sepeda motor dan mengirimkan perintah ke sepeda untuk bergerak.
Seperti disebutkan sebelumnya, unit kontrol harus sangat rumit untuk memungkinkan sepeda motor untuk memiliki transisi yang bersih antara gerakan motor dan pengendara. Ini membutuhkan pengetahuan luas tentang elektronik, perangkat lunak, dan desain sirkuit. Hanya tim individu yang sangat terspesialisasi dan terlatih yang dapat membuat papan sirkuit kompleks yang digunakan untuk membuat papan sirkuit yang sempurna.
Tim membangun unit kontrol ini menggunakan ribuan sinyal analog dan digital. Mereka, bagaimanapun, disolder menggunakan sumbu solder untuk memastikan bahwa mereka beroperasi pada efisiensi maksimum.

Baca Juga : Kejutan Diskon Untuk Mobil Fortuner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *